Ayam Goreng Kalasan

ResepPraktis.Info – Resepnya sama aja dengan ayam bakar kalasan tempo dulu, cuma ini saya goreng.. Oiya, ini saya ngrebusnya tanpa santan karena lagi ga punya santan, cuma pake air biasa, tapi tetep enaakk banget. Direbus dengan bumbu-bumbu dengan api kecil, jd nya bumbunya resap banget. Saat digoreng agak kering tetep aja dagingnya lembut.. Itu mau difoto sudah pada dicuil anak-anak, anak-anak saya suka sekali..😊😊👍.

BAHAN :
– 1 kg ayam negri, saya beli bagian sayap dan paha (kesukaan anak2). Lumuri dg jeruk nipis dan garam, diamkan min 15 menit, cuci kembali
– 1 btg sereh, geprek
– Lengkuas, geprek
– 3 lembar daun salam
– 500 ml air
– 1,5 sdm gula merah
– garam/bubuk kaldu secukupnya
– kecap manis secukupnya

BUMBU HALUS :
– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 1/2 sdt jintan
– 1 sdt ketumbar
– 1/2 sdt lada
– 4 butir kemiri
– 2 sdt garam

CARA MEMBUAT :
1. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun salam sampai wangi dan benar2 matang.
2. Masukkan ayam, aduk2 sampai berubah warna, beri kecap manis.
3. Masukkan gula merah, bubuk kaldu dan air, kecilkan api, masak sampai air menyusut, bumbu meresap, jangan lupa sambil dicek rasa.
4. Saat ayam telah dingin, goreng pada minyak yg telah dipanaskan. Sambil dicek saat menggoreng karena ayam mudah gosong. Dan membaliknya cukup sekali saja yaa..supaya ga mudah lepas 😊😊.
.
Note : Ini bisa dijadikan stok ya.. setelah ayam direbus, dinginkan, kemudian ambil ayamnya letakkan pada wadah tertutup, simpan di kulkas. Jika ingin makan tinggal goreng sewaktu-waktu, atau bisa juga dibakar 😊🙏.

Ayam Goreng Kalasan | fauzan | 5